Suasana UTS Semester 3

Di kampus Gunadarma, UTS nya lamaaaa banget. Gw rasa paling ketinggalan daripada universitas lain. Universitas lain udah mau UAS, eh ini malah baru mau UTS. UTS tepatnya dimulai dari awal bulan Desember selama 1 bulan penuh. Wah kaget ya kok lama banget? Maksudnya 1 bulan bukan berarti UTS terus selama 1 bulan, sebenarnya cuma beberapa hari aja, dan itu selang-seling alias gak berurutan dan juga sehari cuma 1 mata kuliah yang setiap mata kuliah dalam waktu 90 menit, tapi ada juga yang 60 menit. Jadi tergantung dosennya aja.

Nah kali ini di semester 3, gw masuk ke kelas 2EB01 yang semua mahasiswanya punya IP tinggi semua rata-rata di atas 3,5 katanya. Maka terjadilah persaingan yang sengit dan cukup ketat di kelas. Terkadang gw ngerasa, yang lain pada rajiiin banget, sedangkan gw begini kadang rajin sering males hehehe. Tapi jangan dijadiin beban juga.

Kini tibalah masa UTS. Berhubung di kelas gw cuma ada 38 orang, jadinya setiap ruang ada 19 orang buat UTS. Hari pertama menunjukkan bahwa beginilah suasana UTS di kelas 2EB01 dan hingga selesai UTS masih sama suasananya, yaitu suasana hening. Sumpah di kelas sepi banget kayak kuburan. Semua orang terpaku buat ngerjain soal, seolah tak peduli keadaan sekitar. Tadinya gw liat sekeliling saat ngerjain soal berharap ada yang bisa gw tanya karena soal Manajemen Keuangan no 6. gw baca berulang-ulang tapi gak ada proses produksinya, makanya gw pengen nanya buat memastikan gw gak salah baca,tp gak ada satu pun yang ga nunduk buat ngerjain soal, semuanya diam tak berkutik.

Yah keadaan seperti ini, jadinya ngerjain sebisanya aja. Walaupun UTS gw ga nyontek pas tingkat 1 tapi tingkat 2 juga gak nyontek karena ga bisa nanya juga. Kalo dulu gak nyontek karena bingung mau nanya siapa, tapi sekarang suasanya sungguh sangat berbeda sekali. Waktu tingkat 1, biasanya temen gw pada atur formasi buat cari cara nyontek yang bagus, katanya posisi menentukan prestasi. Tapi buat gw sama aja. Kalo sekarang mau dimanapun duduknya gak ngaruh, semuanya ngerjain sendiri, walaupun ada juga yang berusaha nyontek.

Suasana yang berbeda lainnya adalah saat sebelum masuk UTS. Kalo dulu teman-teman pada santai, bilang gak belajar sama sekali gara-gara nonton film bagus di tv, kalo sekarang gak ada yang begitu. Semuanya rajiiin banget. Malah belajar jauh-jauh hari sebelum UTS, pas mau masuk UTS semuanya juga pada pegang dan baca catetan juga fotokopian. Fotokopiannya juga pada lengkap semua. Yaa ini memang bagus ya, bagus banget malah. Tinggal tunggu hasilnya aja. Entah apa hasilnya yang penting udah ngerjain sebisanya dan ngerjain sendiri. Semoga hasilnya memuaskan dan bagus. Aamiin...

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Boneka dari Kertas

Drama Kesehatan

Judul Jurnal (Referensi Skripsi)