Roma itu Dekat


Schene 1
(Arman sedang berbincang dengan ibunya di rumah)
Bu Ihah                 : Jadi kamu yakin, Man?
Arman                  : Yakinlah, Bu. Biar Riani yang melanjutkan sekolah. Sedangkan aku mulai                     mencari nafkah. Bagaimana juga, aku lelaki satu-satunya di keluarga ini, Bu.             Yaa…setelah ayah meninggal. Jadi sudah kewajibanku lah menopang hidup keluarga.
Bu Ihah                 : Tapi Man, kamu kan sudah kelas 3 SMA.
Arman                  : Yaa buu, mau gimana lagi? Mungkin kalau ada rezeki yang datang nanti aku bisa          sekolah lagi.
Bu Ihah                 : Terus sekarang kamu…
Arman                  : Sudahlah, Bu. Nanti Riani dengar.

(Riani datang)
Riani                      : Ibu, aku berangkat sekolah dulu ya.
Arman                  : Aku juga mau pergi dulu, Bu.
Bu Ihah                 : Yaa…. Kalau begitu sekalian aja. Ibu juga mau jualan.
Arman                  : Memangnya Ibu sudah sembuh?
Bu Ihah                 : Sudah, Ibu tidak apa-apa. Kamu tidak usah khawatir.

(Mereka pun pergi meninggalkan rumah)

Schene 2
(Ical, Lala, Indah, dan Fira sedang bernyanyi bersama. Kemudian datanglah Bu Ihah, pedagang gorengan keliling langganan mereka)
Bu Ihah                 : Gorengan….. Gorengan….. Gorengan…. Anak-anak beli gorengan nggak?                    Mumpung masih hangat nih.
Ical                         : Boleh Bu. Tahu 2, bakwan 3. Biasa bu, cabenya yang banyak ya. Woy kalian                 pada mau beli nggak?
Lala                        : Sama aja deh kayak Ical, Bu.
Fira                         : Kalau saya tahu aja 3, Bu.
Indah                    : Kalau saya bakwannya 3, Bu.
Bu Ihah                 : Lontongnya nggak nih?
Fira                         : Boleh deh, saya laper nih.
Lala                        : Ibu kemarin kemana? Kok nggak jualan?
Bu Ihah                 : Iya nih. Kemarin saya sakit.
Ical                         : Wah pantes aja. Kemarin ditungguin tapi nggak datang-datang.
Indah                    : Jadi berapa semuanya, Bu?
Bu Ihah                 : Hmm…bakwan 8, tahu 7, lontong 2. Jadi semuanya 20 ribu.
Fira                         : Ya udah pakai uang aku aja dulu ya biar ga ribet. Ini Bu, uangnya.
Bu Ihah                 : Makasih ya. Permisi.

Schene 3
(Riani dan Lulu sedang dalam perjalanan pulang dari sekolah)
Riani                      : Lu, kamu ngerti materi ikatan karbon yang tadi dijelasin sama Pak Gorti nggak?
Lulu                        : Kalau itu aku ngerti, Ni. Tapi aku nggak ngerti trigonometri yang dijelasin Bu              Kai.
Riani                      : Hmm… Gimana kalau kita belajar bareng?
Lulu                        : Ayo, tapi dimana?
Riani                      : Terserah kamu.
Lulu                        : Di rumah kamu aja, Ni.
Riani                      : Jangan, jangan.
Lulu                        : Lah, emangnya kenapa Ni?
Riani                      : Yaah… Rumah aku kan jauh, Lu.
Lulu                        : Ooh ya udah, di rumah aku aja deh. Eh itu kakak kamu kan?
Riani                      : Yang mana?
Lulu                        : Yang lagi bawa gitar itu. Kakak kamu ngamen, Ni?
Riani                      : Apa sih. Udahlah, kita pergi aja yuk dari sini.

(Di kejauhan Arman melihat Riani. Dia pun memanggil Riani, namun Riani tetap pergi)
Arman                  : Itu kayak si Riani. Riani… Riani….

Schene 4
(Di teras rumah, Pak Dito sedang duduk sambil membaca Koran. Sedangkan Lulu duduk di sebelahnya sedang bermain iphone miliknya. Datanglah Lala)
Lala                        : Lu, iphone siapa tuh?
Lulu                        : Iphone aku kak, hadiah dari ayah.
Lala                        : Loh kok ayah beliin Lulu sih. Padahal kan aku yang minta iphone baru.
Pak Dito               : Itu kan hadiah, La.
Lala                        : Hadiah untuk apa?
Pak Dito               : Si Lulu kan berhasil masuk SMA negeri favorit.
Lala                        : Terus kenapa? Gara-gara aku masuk SMA swasta, jadi aku gak dapat iphone?
Pak DIto               : Maksud ayah bukan begitu juga, La.
Lala                        : Ayah nih, gak pernah adil sama aku. Aku minta iphone, gak dibeliin. Aku minta           band aku dikenalin ke produser, juga nggak dikenalin. Coba ibu masih ada.
Lulu                        : Jangan bawa-bawa ibu deh, Kak. Biarin ibu tenang disana. Apa sih yang gak               adil? Kan kakak baru dibeliin motor sama ayah. Aku tuh nggak pernah minta                 iphone sama ayah, nih ambil kalau kakak mau.
Lala                        : Eh, jangan belagu ya, Lu. Gue nih kakak lo!
Pak Dito               : Sudah, sudah. Kalian ini kerjaannya cuma berantem aja. Ibu kalian pasti sedih             disana. Huhh… ada-ada saja. Ya udah, besok ayah beliin kamu iphone baru, La.

Schene 5
(Ical, Indah, dan Fira sedang berkumpul bersama. Kemudian datanglah Lala dengan raut muka kesal)
Indah                    : Weits, kenapa La? Muka kamu suntuk banget.
Lala                        : Biasa, orang rumah pada ngeselin. Bete.
Fira                         : Ya udah, biar nggak bete lagi. Mending sama kita-kita aja.
Indah                    : Bener banget tuh, La. Iya kan, Cal?
Ical                         : Apa? Eh iya…iya.
Fira                         : Dari tadi bengong aja. Kamu kenapa sih?
Ical                         : Aku bingung nih sama nasib band kita. Kalian mau band kita gini-gini aja?
Indah                    : Ya nggak lah.
Lala                        : Terus kita harus gimana?
Ical                         : Kita butuh satu personil lagi buat vocal cowok merangkap gitaris. Selain itu kita           juga butuh ke produser.
Fira                         : Tapi Cal. Yang paling penting kita butuh demo rekaman.
Lala                        : Bener tuh. Semua produser pasti nanya demo rekaman. Kalau itu udah jadi, nanti aku minta ayah aku untuk kirim ke temannya yang seorang produser.
Indah                    : Oke, sekarang mending kita jalan dulu yuk. Kali aja ada inspirasi buat bikin lagu         untuk demo rekaman.

Schene 6
(Arman sedang mengamen, lalu lewatlah Indah, Ical, Fira, dan Lala)
Indah                    : Fira, jadi si Adly kemarin malam sms kamu?
Lala                        : Ciee Fira…
Fira                         : Apaan sih Ndah. Kamu juga nih La. Itu kan baru…
Ical                         : Hush… diam dong pada berisik banget. Aku lagi ngedengerin nyanyian                          pengamen itu nih.

(Perjalanan mereka pun terhenti)
Indah                    : Wah suaranya bagus banget.
Fira                         : Main gitarnya juga bagus.
Lala                        : Kayaknya aku kenal deh. Oh iya, Arman?
Arman                  : Lala? Kamu Lala kan? Teman SMP aku.
Lala                        : Iya. Wah nggak nyangka ya kita ketemu lagi. Oh iya kenalin teman-teman aku.             Itu Indah, yang ini Fira. Nah yang terakhir Ical.
Ical                         : Kamu sekolah dimana, Man?
Arman                  : Aku udah nggak sekolah.
Fira                         : Lah kok bisa?
Indah                    : Ih Fira nih.
Fira                         : Eh, maaf. Spontan.
Arman                  : Nggak apa-apa kok. Aku emang putus sekolah. Sekarang aku ngamen.
Ical                         : Hmm… gimana kalo kamu ikut band kita?
Lala                        : Bener banget tuh. Kamu mau nggak, Man?
Arman                  : Gimana ya?
Indah                    : Udah mau aja, Man. Kali aja band kita sukses terus terkenal. Kamu nggak perlu             ngamen lagi kan?
Arman                  : Ya udah deh.
Fira                         : Nah, gitu dong.
Indah                    : Sekarang kita ke studio aja yuk. Ngeband.
Semua                  : Ayooo…

Schene 7
(Di rumah, Bu Ihah sekeluarga sedang berkumpul)
Bu Ihah                 : Nih minum tehnya.
Arman                  : Makasih, Bu. Ohya Bu, tadi aku ditawarin ikut band.
Bu Ihah                 : Waaah, bagus dong. Terus kamu terima?
Arman                  : Aku terima sih. Tapi aku ragu.
Riani                      : Kenapa ragu, Kak?
Arman                  : Yaaa…mereka kan anak sekolahan, sedangkan aku…
Bu Ihah                 : Kamu jangan ngomong kayak gitu, Man. Kamu jangan pesimis. Jangan malu jadi diri kamu sendiri. Setiap orang kan punya kelebihan dan kekurangan masing-masing.
Riani                      : Tapi Bu. Kalau yang kita harapkan terlalu jauh untuk kita raih gimana?
Bu Ihah                 : Kan Roma itu dekat. Dimana ada kemauan, disitu ada jalan. Ya udah sekarang              kalian tidur dulu. Udah malam.
(Mereka pun pergi ke kamar)

Schene 8
(Lala sedang duduk di teras rumah. Datanglah Lulu)
Lulu                        : Kak, kakak kenapa? Kok bengong?
Lala                        : Nggak kenapa-napa kok.
Lulu                        : Kalau kakak memang mau iphone, ambil aja punya aku. Kita tukeran.
Lala                        : Nggak kok, Lu. Beneran deh. Iphone nya kamu pakai aja. Kakak juga mau minta maaf sama kamu buat yang kemarin.
Lulu                        : Iya nggak apa-apa kok kak. Aku juga minta maaf.

(Kemudian datanglah Pak Dito)
Pak Dito               : Ehmm.. ada yang udah baikan nih ceritanya. Gitu dong, sesama saudara nggak             boleh berantem. Ohya La, kalau kamu mau iphone, beli aja sana minta anterin               Lulu. Nanti uangnya ayah kasih.
Lala                        : Enggak deh, Yah.
Pak Dito               : Bener nih?
Lala                        : Iya. Aku mau dikenalin sama teman ayah yang produser band aja.
Pak Dito               : Ooh begitu. Ya udah besok kamu ke tempat RA Production aja langsung.
Lala                        : Wah bener nih, Yah? Makasih, Yah.
Pak Dito               : Iya.
Lulu                        : Kita ke dalam aja yuk. Makan siang bareng.
Lala                        : Ayooo.

Schene 9
(Di RA Production, sudah ada Pak Reza dan Pak Dito yang sedang berbincang. Kemudian datanglah Arman, Ical, Lala, Indah, Fira)
Pak Dito               : Jadi begitu, Pak.
Pak Reza              : Wah kebetulan sekali, saya sedang mencari band baru yang berbakat untuk                    diikutsertakan dalam festival band.
Pak Dito               : Bagus itu Pak. Band anak saya pasti bisa.
Pak Reza              : Kapan mereka datang?
Pak Dito               : Sebentar lagi juga sampai. Nah itu dia mereka.
Arman                  : Permisi Pak.
Pak Reza              : Silahkan duduk.
Indah                    : Terima kasih Pak.
Pak Reza              : Kalian sudah punya kaset demo rekamannya?
Lala                        : Sudah Pak. Ini kasetnya.
Pak Reza              : Bagus. Oh ya kalian tidak keberatan kan kalau saya ikutsertakan kalian dalam               festival band?
Ical                         : Tidak Pak. Malah kami sangat senang sekali.
Pak Reza              : Hmm… Sekarang kalian sudah masuk dalam RA Production. Kalian bisa baca             surat perjanjiannya, setelah itu kalian tanda tangani. Jika ada keberatan bisa kita           diskusikan nanti.
Fira                         : Baik Pak.
Pak Reza              : Sekarang kita ke studio band di lantai atas, saya ingin melihat secara langsung             band kalian. Kalian siap kan?
Indah                    : Siap dong Pak.

Schene 10
(Sebulan kemudian, ternyata Blues Band berhasil memenangkan festival band. Mereka semua mendapat kontrak eksklusif dan beasiswa sekolah. Di luar RA Production mereka semua berkumpul)
Pak Reza              : Selamat yaa. Kalian menang.
Indah                    : Terima kasih Pak. Ini berkat bantuan Bapak juga.
Pak Reza              : Tentunya berkat usaha kalian semua juga.
Lala                        : Bapak bisa aja.
Fira                         : Eh, siapa tuh yang datang?

(Bu Ihah, Lulu, dan Riani datang menghampiri mereka)
Riani                      : Kak Arman, selamat ya Kak.
Arman                  : Iya, Ni. Eh Ibu juga datang. Kenalin Bu, ini teman-teman Arman dan itu Pak                Reza, produser band.
Bu Ihah                 : Kalian?
Lala                        : Lho Ibu?
Indah                    : Ternyata ibu orang tuanya Arman ya?
Fira                         : Wah, nggak nyangka.
Lulu                        : Kok bisa saling kenal sih?
Arman                  : Iya, nih.
Bu Ihah                 : Mereka itu langganan ibu, Man.
Arman                  : Wah, kebetulan banget.

(Datanglah Pak Dito membawa bungkusan)
Lulu                        : Ayah, bungkusan apa itu Yah?
Pak Dito               : Ini makanan.
Fira                         : Wah, pas banget om.
Indah                    : Kita lagi kelaparan.
Ical                         : Dari tadi belum makan. Hehe…
Pak Dito               : Bagus dong kalau gitu, ini makanannya. Ayo semuanya makan.
(Mereka pun makan bersama. Merayakan keberhasilan mereka)
(backsound lagu "Meraih Mimpi")

Inti dari cerita di atas adalah tetaplah berusaha untuk meraih cita-cita, pantang menyerah dan selalu berdoa. Man jadda wa jadda, barangsiapa yang bersungguh-sungguh pasti akan mendapatkannya. 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Boneka dari Kertas

Drama Kesehatan

Judul Jurnal (Referensi Skripsi)