Petai Kaya Manfaat

Petai alias pete merupakan suatu pohon dari suku polong-polongan yang dapat mencapai tinggi 20 m. Buah pete besar dan memanjang, berwarna hijau ketika muda dan terbalut selaput agak tebal berwarna cokelat terang. buah pete akan mengering jika masak dan melepaskan biji-bijinya.

tanaman pete

Dibalik baunya yang menyengat itu, terdapat kandungan yang luar biasa, berikut ini merupakan kandungan dari buah pete :
  • Dibandingkan dengan apel, pete mengandung protein 4 kali lebih banyak, karbohidrat 2 kali lebih banyak. 3 kali lipat fosfor, 5 kali lipat vitamin A dan zat besi, dan 2 kali lipat jumlah vitamin dan mineral lainnya
  • Merupakan sumber energi yang baik, yaitu 142 kkal per 100 gr biji
  • Mengandung 3 macam gula alami, yaitu sukrosa, fruktosa, dan glukosa yang dikombinasikan dengan serat
  • Kandungan fosfornya 115 mg per 100 gr biji. Fosfor merupakan mineral kedua terbanyak setelah kalsium
  • Mengandung vitamin C yang cukup tinggi, yaitu 46 mg per 100 gr biji. Vitamin C sangat penting perannya dalam proses hidroksilasi asam amino prolin clan lisin, menjadi hidroksiprolin clan hidroksilisin. Perannya adalah dalam proses penyembuhan luka serta daya tahan tubuh melawan infeksi dan stres. Rata-rata kebutuhan tubuh akan vitamin C adalah 75 mg per hari pada wanita dan 90 mg per hari pada pria dewasa.
  • Kandungan vitamin A cukup baik, yaitu 200 IU per 100 gr. Vitamin A berperan menjaga agar kornea mata selalu sehat. Mata yang normal biasanya mengeluarkan mukus, yaitu cairan lemak kental yang dikeluarkan sel epitel mukosa, sehingga membantu mencegah tgerjadinya infeksi. Tetapi bila kekurangan vitamin A, sel epitel akan mengeluarkan keratin, yaitu protein yang tidak larut dalam air dan mukus
Betapa banyaknya kandungan yang terdapat di dalamnya. Meskipun buah ini menimbulkan bau yang menyengat, tetapi kandungannya bagus untuk kesehatan.

sumber : www.wikipedia.org





Komentar

Postingan populer dari blog ini

Boneka dari Kertas

Drama Kesehatan

Judul Jurnal (Referensi Skripsi)