Keajaiban Tangan Manusia

Hai guys, udah lama nih nggak buka blog, sekarang aku mau kasih info ke kalian semua tentang tangan kita. Tangan kita ternyata punya keajaiban tersendiri yang mungkin tidak terfikirkan oleh kita sebelumnya.

Coba deh kamu ingat, jika ibumu masak makanan, kamu tidak boleh mengambil makanan langsung dengan tangan, tetapi harus pakai sendok. Sebenarnya bukan karena alasan jorok atau apapun tetapi jika kita langsung mengambil makanan dengan tangan, makanan tersebut akan cepat basi. Kok bisa begitu ya? Hal itu bisa terjadi karena di tangan kita terdapat suatu enzim yang membuat makanan cepat basi.

Teman, kamu suka makan dengan sendok atau dengan tangan? Jika kamu suka makan dengan tangan, hal itu lebih baik daripada makan dengan sendok. Hal ini sebenarnya sudah diajarkan oleh Rasulullah SAW.
“ Sungguh Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam makan dengan menggunakan tiga jari.” (HR. Muslim, HR. Daud).

Hadist tersebut bukanlah tanpa makna. Sejak dahulu, Rasulullah sudah mengajarkan kita untuk makan dengan tangan kanan yang sebenarnya memiliki manfaat bagi kesehatan kita. Sebuah studi menyebutkan bahwa terbukti makan dengan tangan lebih menyehatkan dibandingkan makan dengan sendok, tentunya harus cuci tangan dahulu sebelumnya. Di tangan kita terdapat sebuah enzim yakni enzim RNase yang dapat menurunkan aktivitas bakteri-bakteri patogen yang ada pada tangan kita ketika kita makan. Enzim RNase adalah enzim yang dapat mendepolarisasi RNA (asam nukleat), sehingga ketika kita menyuap makanan dengan tangan, bakteri yang terdapat pada makanan dapat terikat oleh enzim RNase yang dihasilkan tangan kita.



Menggunakan tiga jari (jempol, telunjuk, jari tengah) ketika makan akan  membuat makanan yang masuk ke mulut lebih sedikit jumlahnya sehingga enzim ptialin yg diproduksi kelenjar saliva untuk mencerna makanan dapat berfungsi secara maksimal. Makanan menjadi lebih lembut dan lebih mudah dicerna oleh lambung. Lambung mencerna makanan secara bertahap dan dalam volume kecil. RNAse, enzim yang dihasilkan tangan terutama oleh tiga jari tersebut (jempol, telunjuk, jari tengah) mempunyai kemampuan mengikat bakteri sehingga menghambat aktivitas bakteri dalam tubuh. Fakta ilmiah ini dengan jelas memberi pengertian kepada kita bahwa makan dengan menggunakan tiga jari bukanlah cara makan yang jorok, tetapi justru akan memperkuat proteksi atau kekebalan terhadap penyakit karena adanya enzim RNAse yang menghambat aktivitas bakteri dalam tubuh.

Lain halnya dengan sendok, di sendok tidak terdapat enzim seperti di tangan kita. Sendok pun tidak lebih bersih daripada tangan kita. Sendok lebih mudah terkontaminasi oleh bakteri yang ada di udara.
Ada sebuah kisah yaitu seorang raja melayu sempat diprotes oleh tamu yang lain dalam acara jamuan makan malam kerajaan. Ia begitu eksentrik karena saat para raja lain makan dengan elegan menggunakan sendok dan perangkat lain, ia dengan santai membasuh bersih tangannya sendiri lalu makan dengan menggunalan telapak tangan dan jari-jarinya itu. Saat ditanya serius, ia menjawab dengan 3 alasan mengapa ia lebih mempercayai tangannya daripada sendok. Ia pun berkata :
"Pertama, saya yakin tangan saya lebih bersih daripada sendok dan garpu karena saya sendirilah yang membasuhnya, bukan orang lain. Sendok-garpu yang dibasuh orang lain belum tentu bersih. Kedua, saya yakin tangan saya lebih bersih karena hanya saya seorang yang menggunakannya, tidak pernah dipinjam orang lain. Sedangkan sendok itu sudah dipakai oleh orang yang berbeda-beda. Ketiga, saya percaya tangan saya lebih bersih karena tak pernah jatuh dari tempatnya setelah dicuci."
Sudah jelaslah bahwa tangan kita sangat bermanfaat bagi kesehatan kita, tentunya jika kita mengikuti ajaran Rasulullah kita merupakan orang yang beruntung.

“Sesungguhnya telah ada pada (diri) Rasulullah itu suri teladan yang baik bagimu (yaitu) bagi orang yang mengharap (rahmat) Allah dan (kedatangan) hari kiamat dan dia banyak menyebut Allah.” (Al Ahzab : 21) Rasulullah SAW adalah suri tauladan seluruh umat dalam berbagai aspek kehidupan. Dalam hal kesehatan misalnya, ajaran-ajaran beliau telah banyak teruji kebenaran manfaatnya oleh penelitian-penelitian modern. Salah satu ajaran beliau adalah adab-adab makan yang membawa kesehatan dan keberkahan sepanjang zaman. Jika kita mengamati pola makan Rasulullah, maka kita akan dapati bahwa beliau mengumpulkan beberapa aspek, diantaranya aspek faidah, kenikmatan, dan penjagaan terhadap kesehatan.
Jadi mulai sekarang jangan ragu lagi untuk makan dengan menggunakan tangan, karena ada keajaiban yang tidak dimiliki oleh benda lainnya.
Semoga bermanfaat kawan ;)

source : http://qobongsalafi.mywapblog.com/mukjizat-hadistmakan-dengan-tangan-kanan.xhtml
dengan perubahan

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Boneka dari Kertas

Drama Kesehatan

Judul Jurnal (Referensi Skripsi)