Temilreg

Temilreg adalah olimpiade ekonomi Islam sejabodetabek, yang diikuti oleh beberap KSEI (Kelompok Studi Ekonomi Islam). Temilreg itu singkatan dari Temu Ilmiah Regional. Pada kesempatan kali ini Temilreg 2013 dilaksanakan di Universitas Gunadarma. Temilreg bekerja sama dengan SEF, yakni KSEI dari Gunadarma. Setiap KSEI mengirimkan 3 tim terpilihnya yang masing-masing tim terdiri dari 3 orang. Untuk pertama kalinya SEF ikut berpartisipasi dalam lomba ini sekaligus sebagai tuan rumah. Acara Temilreg ini berlangsung 3 hari, yaitu Sabtu tanggal 9 Maret 2013, Senin 11 Maret 2013, dan Jumat 15 Maret 2013.
Pada tgl 9 merupakan babak penyisihan yang diikuti sekitar 30 tim. Pada babak ini setiap peserta mengisi soal 100 pilihan ganda dan 10 esai. Sistem penilaiannya adalah jika benar mendapat 3 poin, jika salah mendapat poin -1 dan jika tidak diisi mendapat poin 0.

SEF mengirimkan 3 tim yang terpilih yang terdiri dari tim 1 : Dea, kak Arni, Sarah. Tim 2 : kak Santoso, kak Vie, Heru. Tim 3 : kak Uta, kak Cipta, kak Ozi. Kita semua terpilih ketika SEF mengadakan Evaluasi Hasil Belajar, terpilihlah kami bersembilan. Untuk mempersiapkan lomba, kita mendapat soal-soal untuk dipelajari. Sebenarnya sudah jauh hari dikasih soalnya tapi baru dibahas dari awal tapi gak sampai akhir waktu hari Jumat tgl 8 Maret alias H-1 acara. Ngebahas soalnya juga sambil bercanda, malah kayaknya banyakan bercandanya daripada belajarnya. Setiap gak ngerti sama soalnya dan gak ketemu jawabannya pasti langsung diskip alias dilewatin haha
Kita belajar dari jam 10.00 dan selesai jam 15.45, kita belajar di perpustakaan kampus H. Kita selesai belajar sampai perpusnya mau tutup. Dari sana, aku dan yang lain ke kampus D buat ikut briefing besok. Selesai briefing sekitar jam 18.10. terus pulang dan di rumah langsung ngantuk karena capek, malah ketiduran di antara kertas-kertas yang bertebaran yang rencananya mau dibaca. Setelah itu gak sengaja kebangun, lupa jam berapa. Aku kangsung cuci muka dan mulai belajar, baca materi yang ada. Sebenarnya cuma kebet-kebet doang, baca sedikit dan mencoba memahami. Liat sedikit terus, hmm oh iya, iya. Setelah dirasa capek dan cukup, akhirnya tidur lagi dan istirahat buat besok.
Bangun pagi dan siap-siap ke kampus. Di kampus bantu-bantu buat acara ini sebentar, terus langsung belajar lagi buat lomba nanti. Dengan mengucap bismillah acara dimulai jam 09.00 dan peserta diberi waktu 90 menit untuk menyelesaikan semua soal ini. Karena banyak yang ga ngerti, jadinya aku ngerjain yang bisa dan yang yakin aja. Takut salah, kan kalau salah nilainya dikurangi. Setelah 90 menit selesai, kita semuanya break istirahat. Dilanjutkan jam 13.00 yaitu sesi presentasi. Setelah presentasi, peserta lain pulang. Yang ada tinggal panitia dan dari FOSSEI. Lalu kita foto-foto, sebelum foto-foto kak Uci bagiin baju seragam batik di sekret tapi aku ketinggalan jadinya belum dapat batiknya. Karena disuruh foto-foto kak Uci langsung masukkin batiknya ke plastik dan ditinggal di sekret. Abis foto-foto, aku ke sekret nyariin batik yang belum dapat. Tapi ga ketemu. Akhirnya aku pulang, karena aku kira batiknya udah dibawa  sama kak Uci.
Hari Minggu aku dapat kabar katanya tim aku lolos babak penyisihan dan masuk ke babak semifinal besok. Alhamdulillah lolos. Sempat gak percaya karena kemarin soalnya gak diisi semuanya, ternyata lolos. Dan ternyata cuma tim aku aja yang lolos, 2 tim yang lain gak lolos.
Besoknya tanggal 11 Maret adalah babak semifinal, lebih tepatnya cerdas cermat. Tim yang lolos adalah 12 tim yang setiap gelombang terdiri dari 4 tim dan terdiri dari 3 gelombang. Kali ini tim aku dapat gelombang 2. Selama menunggu giliran maju, aku, Dea, kak Arni belajar buat cerdas cermat nanti. Jam 11.15 tibalah saatnya untuk masuk ke aula dan duduk untuk menjawab pertanyaan. Sedikit gugup dan deg-degan ketika memasuki aula. Disana kita jawab pertanyaan yang kita bisa aja. Terkadang ada rasa takut menjawab, karena ada soal yang jika salah poinnya dikurangi. Mungkin karena belajarnya belum maksimal dan lawan yang lain lebih pintar karena mereka basicnya ekonomi syariah jadinya kalah deh. Dapat skornya minus pula. Maaf yaa kita gak lolos ke babak final. Pada gelombang 2 ini yang masuk babak final adalah tim dari STAN. Hebat ya, padahal mereka cuma berdua doang. Pada gelombang pertama dan ketiga dimenangkan oleh STEI TAZKIA. Mereka memang hebat, tahun lalu yang menang temilreg juga dari TAZKIA.
Yang masuk ke babak final nantinya akan menjadi orator ilmiah pada tanggal 15 Maret hari Jumat. Pada hari ini aku kembali menjadi panitia dan bukan peserta lagi. Memang pantas mereka semua lolos babak final. Mereka semua orang hebat, ada yang sudah ke luar negeri untuk lomba, ada yang IPK nya 4,00. Hebat banget yaa. Subhanallah. Masya Allah. Denger prestasinya aja udah merinding.
Di babak final ini ditentukanlah pemenangnya. Juara 1 adalah TAZKIA 2, juara 2 adalah TAZKIA 1,dan juara 3 adalah STAN. Selamat kepada para pemenang. Sukses selalu untuk kita semua... Aamiiin

Suasana ketika cerdas cermat

Foto Peserta Temilreg babak semifinal shift 2

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Boneka dari Kertas

Drama Kesehatan

Judul Jurnal (Referensi Skripsi)