Hubungan Antara Hukum, Ekonomi, dan Kesejahteraan Masyarakat


Sebelum menjelaskan hubungan antara hukum, ekonomi, dan kesejahteraan masyarakat, saya akan menjelaskan pengetian dari hukum. Hukum merupakan sistem yang terpenting dalam pelaksanaan atas rangkaian kekuasaan kelembagaan dari bentuk penyalahgunaan kekuasaan lama bidang politik, ekonomi, dan masyarakat dalam berbagai cara dan bertindak, sebagai perantara utama dalam hubungan sosial antar masyarakat terhadap kriminalisasi dalam hukum pidana, hukum pidana yang berupayakan cara Negara dapat menuntut pelaku dalam konstitusi hukum menyediakan kerangka kerja bagi penciptaan hukum perlindungan hak asasi manusia dan memperluas kekuasaan politik serta cara perwakilan dimana mereka yang akan dipilih.
Selanjutnya adalah ekonomi, ekonomi adalah salah satu ilmu sosial yang mempelajari aktivitas manusia yang berhubungan dengan produksi, distribusi, dan konsumsi terhadap barang dan jasa.
Berbicara mengenai ekonomi, maka berbicara mengenai bisnis. Dalam lingkungan bisnis, terdapat berbagai faktor yang menunjang untuk kelangsungan bisnis kita. Misalnya faktor ekonomi, faktor manajemen, faktor politik, dan yang paling utama adalah faktor hukum. Hukum menjadi sangat penting dalam bisnis karena dalam mendirikan suatu usaha harus berdasarkan hukum yang berlaku agar tidak ada pihak yang nantinya merasa dirugikan. Tetapi ada kalanya pelaku bisnis mengalami hambatan dalam mengembangkan usahanya karena tidak ada hukum maupun peraturan yang sesuai. Dalam pengembangan usaha ada hubungan antara ekonomi dan hukum. Misalnya kondisi ekonomi di Indonesia sekarang tidak stabil dan terus menurun, maka pemerintah akan mengharapkan investor asing agar mau datang dan berinvestasi di Indonesia. Karena hukum yaitu dalam hal keamanan, maka bisa menjadikan investor membatalkan keinginannya untuk berinvestasi. Lemahnya hukum di Indonesia mengakibatkan proses sosial tidak berjalan dengan baik dan mengakibatkan usaha tidak sehat bagi pengembangan usaha dan ekonomi.


Pada saat ini dapat dikatakan tidak ada lagi kegiatan ekonomi yang tidak berkaitan dengan hukum. Sebaliknya tidak ada lagi kegiatan hukum yang tidak beraspek ekonomi. Dengan demikian pemahaman kedua ilmu itu secara menyeluruh sudah menjadi kebutuhan bersama. Dengan kata lain, seseorang yang mempelajari hukum seharusnya mempelajari ekonomi juga, demikian juga sebaliknya seseorang yang mempelajari ekonomi seharusnya mempelajari hukum juga.


Hubungan antara Hukum dengan Ekonomi
Ekonomi merupakan suatu wadah atau bentuk organisasi masyarakat yang memiliki tujuan memenuhi kebutuhan masyarakat dan meningkatan kesejahteraan masyarakat. Kehidupan ekonomi mensyaratkan adanya tertib sosial yang di dalamnya terdapat kegiatan ekonomi.  Disisi lain, ekonomi memiliki pengaruh sendiri terhadap hukum. Pengaruh ini dalam bentuk pertimbangan-pertimbangan untung-rugi yang berpengaruh pada kerja hukum. Karena tidak semua orang patuh terhadap hukum atas dasar hukum memang harus di taati. Masyarakat pun bisa mentaati hukum karena tujuan-tujuan lain untuk memperoleh keuntungan ekonomis. Sebaliknya, jika tidak melihat keuntungan ekonomis, maka akan rugi dan tidak mentaati hukum yang ada. Dalam pembangunan ekonomi di Indonesia tidak lah merata, di karenakan tidak dijiwai aspek kemanusiaan dan aspek yang menyeluruh. Terbukti bahwa hasil postif dari perkembangan yang pesat ini hanya berarti untuk para pelaku ekonomi berskala besar atau disebut golongan atas. Sedangkan golongan bawah, mereka justru dirugikan karena tidak dapat menikmati hasil-hasil pembangunan ekonomi.
Ada 2 model dalam strategi pembangunan ekonomi, yaitu : model ekonomi berencana dan model ekonomi pasar. Model ekonomi berencana, menekankan tujuan dan menyandarkan kekuatan pada hukum, maka akan dilihat sebagai suatu transformasi dari kegiatan ekonomi. Negara sebagai pendukung utama dalam rencana. Disini hukum sebagai penterjemah tujuan ke bentuk norma-norma dan sebagai acuan yang dicita-citakan. Sedangkan ekonomi pasar tidak digerakkan dari pusat kekuasaan, akan tetapi ke mekanisme pasar, seperti permintaan dan penawaran.di sini hukum dipandang sebagai ramalan, pandangan, dan jaminan kepastian hukum demi lancarnya suatu usaha. Dan juga sebagai media kreatif bagi pelaku usaha atau sebagai jaminan pelindung agar merasa aman dalam bertransaksi.

Hubungan Ekonomi dengan Kesejahteraan Masyarakat
Masyarakat di manapun pasti menginginkan yang namanya sejahtera, dimana hidup merasa tentram, damai, dan bahagia. Hidup sejahtera itu tidak semudah membalikkan telapak tangan, butuh proses agar tercapai kesejahteraan. Hubungan antara ekonomi dengan kesejahteraan masyarakat adalah apabila pertumbuhan ekonomi baik, maka tingkat pendapatan masyarakat juga akan meningkat. Dengan adanya peningkatan pendapatan, masyarakat akan mampu untuk memenuhi kebutuhan hidupnya menjadi lebih baik lagi. Hal ini menunjukkan bahwa kesejahteraan dalam bentuk pendapatan masyarakat mulai meningkat, apabila pendapatan masyarakat meningkat dan pengangguran berkurang maka tindak kriminal akan berkurang dan semakin membaik, aksi demonstrasi juga akan menurun apabila mereka menikmati hasil yang mereka kerjakan bisa sebanding dengan penghasilan yang mereka terima.
Untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat, pemerintah melakukan berbagai macam cara, di antaranya adalah percepatan peningkatan kesejahteraan masyarakat miskin. Yang perlu diperhatikan oleh pemerintah adalah mendahulukan masyarakat miskin dalam pembagian subsidi. Kemudian adalah peningkatan kualitas sumber daya manusia Indonesia. Yang terjadi di Indonesia adalah banyak SDM yang masih tidak terlalu peduli dengan perkembangan yang terjadi di dunia kerja, oleh karena itu pemerintah harus memberikan motivasi kepada para pekerja untuk lebih berinovasi dan memperbaiki kualitas lebih baik lagi.
Selain itu, pemerintah juga harus melakukan pemantapan reformasi birokrasi dan hukum serta pemantapan demokrasi dan keamanan nasional. Hal ini berkaitan dengan hukum ekonomi juga. Dengan adanya hukum yang adil tentunya reformasi birokrasi akan lebih kokoh dan jaminan akan keamanan nasional juga dapat membuat kesejahteraan pada rakyat. Karena rasa aman dan nyaman akan membuat masyarakat lebih sejahtera.
Selain itu pemerintah akan melakukan penguatan perekonomian domestik yang berdaya saing didukung oleh pembangunan pertanian, infrastruktur, dan energy. Hal ini tentunya sangat diharapkan oleh seluruh masyarakat Indonesia. Tetapi kenyataannya hanya berlangsung 30-40%, hal ini tentunya sangat disayangkan karena Indonesia sangat kaya akan hasil bumi dan tanah yang bagus dan subur. Tidak hanya itu, pemerintah juga harus melakukan peningkatan pengelolaan sumber daya alam dan lingkungan hidup. Seharusnya peningkatan pengelolaan sumber daya alam harus terus ditingkatkan lagi agar sumber daya alam yang ada dapat mensejahterakan masyarakat.

Sumber :

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Boneka dari Kertas

Drama Kesehatan

Judul Jurnal (Referensi Skripsi)