Kamis, 27 Juni 2013

Cara Buat Kompos Padat


Cara membuat kompos padat sangat mudah, caranya siapkan ember plastik yang sudah dilubangi dan ditancapkan pipa untuk saluran udara. Saluran udara digunakan untuk memasukkan oksigen, lubang pipa harus diberi kawat kasa.

Sampah hijau bisa langsung dimasukkan ke dalam ember tersebut. Sebaiknya sampah hijau itu dicincang dahulu agar mempercepat proses penghancuran.

Lalu campur sampah hijau dengan sampah cokelat yang meliputi serbuk gergaji, sekam, dan daun kering. Campur kedua jenis sampah tersebut dengan perbandingan 1 : 1.

Lalu tambah dengan kompos yang sudah jadi atau lapisan tanah atas. Aduk rata. Siram dengan air sedikit demi sedikit untuk menjaga kelembaban.

Jika ingin cepat jadi, tambahkan dengan larutan EM-4 (Effective Microorganism) atau molase (limbah kecap), larutan gula merah/gula putih.

Setiap 3 hari sekali, sampah di ember diaduk untuk memasukkan oksigen dan menurunkan panas. Jika tampak kering, maka basahi lagi dengan air.

Kompos padat ini bisa dikatakan sudah jadi apabila campuran sampah tadi berwarna kehitaman dan sudah tidak berbau sampah lagi. Kompos ini bisa dibuat sekaligus maupun selapis demi selapis misalnya setiap 2 hari ditambah sampah baru (hijau dan cokelat). Kompos yang telah matang atau sudah jadi berwarna hitam, bertekstur seperti tanah, dan berbau seperti tanah.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar